Kesepian dan Ketidakpastian Konsumen: Perluasan Model Niat Beli Konsumen

  • Bramantyo Eko Pranowo Universitas Sebelas Maret
  • Lilik Wahyudi Universitas Sebelas Maret
Keywords: Kesepian Sosial, Kesepian Emosional, Ketidakpastian, Penjual untuk Interaksi Sosial, Kecenderungan untuk Mematuhi Penjual, Penjualan Adaptif, Kepercayaan, Niat Beli, Patronize

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh wiraniaga terhadap, kepercayaan, niat beli, dan patronisasi terhadap toko ritel offline dengan subjek konsumen yang merasakan kesepian sosial dan emosional dan konsumen yang memiliki ketidakpastian dalam pembelian. Peneliti membatasi studi konsumen yang pernah melakukan pembelian di toko retail offline. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner online yang berjumlah 317 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian instrumen, pengujian model, dan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan SmartPLS3 untuk pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepercayaan, niat beli, dan Patronize terhadap toko retail. Keterbatasan penelitian ini adalah kurangnya sampel yang beragam dan terbatasnya objek di retail offline. Sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel kesenangan berbelanja dan kebutuhan untuk berbelanja untuk memperkaya keragaman sampel seperti ras, suku, dan budaya atau masyarakat urban, suburban, dan rural serta memperluas objek penelitian dengan menambahkan retail online, sehingga penelitian ini bisa lebih luas.

Published
2021-11-30