Pasca Pandemik Virus Corona, Kebiasaan Baru, dan Pariwisata di Indonesia

  • Aulia Rahmah Afriani Universitas Sebelas Maret
  • Catur Sugiarto Universitas Sebelas Maret
Keywords: Nilai epistemik, Kepuasan, eWOM, Behavioural intention, Niat mengunjungi kembali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses yang mengarah pada niat mengunjungi kembali pada wisatawan domestik Surakarta karena produk wisatanya berdasarkan teori model ABC. Data dikumpulkan secara online dari 237 wisatawan domestik melalui metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3 untuk menguji secara empiris model tersebut. Penelitian ini juga menjelaskan hasilnya ke dalam hubungan sebab akibat. Hasil penelitian menunjukkan lima interaksi hubungan positif dan signifikan antar variabel, di mana moderasi gender dan frekuensi kunjungan dapat memperkuat hubungan. Penelitian ini dapat memberikan informasi kepada praktisi terkait dengan upaya meningkatkan sikap positif wisatawan yang berdampak pada niat mengunjungi kembali karena produk wisatanya. Selain variabel kepuasan, kuantitas eWOM positif yang lebih tinggi pada konsumen wanita akan mempengaruhi sikap dan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran produk. Penelitian ini juga berkontribusi untuk memberikan informasi dalam mengetahui niat wisatawan domestik untuk mengunjungi kembali Surakarta setelah munculnya kasus pandemik covid-19 di Indonesia, yang memiliki dampak mendalam pada sektor ekonomi, terutama pendapatan lokal (PAD) Surakarta.

Published
2021-11-30